Posted by : Yoga Thursday 16 May 2013


Kita tahu klo masashi kishimoto adalah seorang mangaka jepang yg salah satu karyanya yg dikenal dibelahan dunia adalah naruto.ini sedikit tentang perjalanan hidup mamashi kishimoto

Lahir di Perfektur Okayama pada tahun 1974 sebagai kakak dari 2 anak kembar(adik Masashi Kishimoto bernama Seishi Kishimoto, yang adalah mangaka dari 666 Satan).
Masashi terkenal sebagai salah satu mangaka(=pengarang komik) terhebat sepanjang sejarah hanya dalam beberapa tahun, dengan komiknya yang sangat disukai dan populer yaitu Naruto. Naruto lantas menjadi salah satu manga yang terpopuler dan bestseller, dibaca oleh jutaan orang di berbagai belahan dunia.

Waktu beranjak SD, Masashi Kishimoto sangat suka menggambar. Selama sekolah ia mencoret buku catatannya dengan gambarannya, bahkan ia tetap menggambar saat ia sedang bermain petak umpet dengan teman-temannya sambil menunggu ditangkap. Anime favorit Kishimoto-sensei adalah Doraemon

Menjelang kelulusan SD, Kishimoto sangat tergila-!!!*sensor*!!! pada Dragon Ball, manga paling terkenal dari Akira Toriyama-sensei. Kishimoto-sensei sempat benyatakan betapa ia sangat terobsesi pada Toriyama-sensei, “Beliau bagaikan dewa bagiku, aku selalu menggambar tiap karakter yang bermunculan dalam Dragon Ball.” Dan akhirnya Masashi Kishimoto membuat keputusan yang tidak akan ia sesali. Ia mulai dengan berpikir “Manga itu luar biasa” dan ia ingin menjadi mangaka populer seperti Akira Toriyama. Kishimoto membuat karya pertamanya yang berjudul “Hiatari-kun”, tentang seorang remaja ninja.

Ketika menginjak SMP, Kishimoto memfokuskan diri pada hal lain selain menggambar. Baseball mengambil bagian penting pada saat itu. Menggambarpun hampir tidak ia lakukan lagi karena tidak ada waktu. Namun pada suatu hari ia melihat poster yang menurutnya sangat bagus. Gambar itu ternyata adalah “Akira” karya Katsuhiro Ootomo. Kishimoto memandangnya dengan terkesima dan semangatnya untuk menjadi seorang komikus kembali menyala-nyala.

Kishimoto mulai menggambar-ulang karakter-karakter dalam manga ‘Akira’, namun kali ini, seberapa pun ia berusaha meniru, gambarnya tidak pernah bisa mirip. Hal ini wajar karena ‘Akira’ adalah salah satu manga yang paling orisinil hingga saat ini. Efek, desain dan konsep karakternya lain dari manga yang lain.

Dari ‘Akira’ lah Kishimoto tertantang untuk menciptakan karakter orisinil nya sendiri dengan gaya menggambarnya. Namun ia tak sanggup mengalihkan pikirannya dan menghabiskan sisa masa SMP nya menggambar dengan citra Ootomo-sensei. Pada saat bersekolah di tingkat XI, Kishimoto merampungkan sebuah manga pendek sebanyak 31 lembar halaman. Ketika manga tersebut ditunjukkannya pada adiknya, adiknya hanya berkata bahwa manga itu ‘!!!*kata ini disensor oleh Admin*!!!’. Penasaran dengan jawaban itu, Kishimoto lalu menunjukkan manga tersebut kepada ayahnya. Jawaban yang diterimanya dari beliau juga sama dengan adiknya. Tak menyerah sampai disitu, Kishimoto mengirimkan manga tersebut untuk Jump Magazine Award. Namun seperti yang dapat diduga, ia gagal.

Kegagalan tersebut memacu semangat Kishimoto untuk terus membuat komik, namun acapkali dirinya gagal. Hingga ia akhirnya harus lulus SMA dengan peringkat 38 dari 39 siswa. Tak pelak hal ini juga membuat Kishimoto gelisah tentang masa depannya. Namun hanya satu tekad yang ia pegang, ‘semua akan berhasil’. Dengan tekad inilah ia menggambar dan terus mengirimkan komiknya ke Jump Magazine.

Akhirnya kerja keras tak kenal lelahnya berbuah manis. Komik pertamanya yang dimuat oleh Jump Weekly adalah ‘Karakuri’ pada tahun 1996. Kemudian salah satu draft (rancangan awal) manga nya yang bercerita tentang ninja remaja dari desa Konohagakure yang merupakan titisan siluman rubah berekor sembilan menarik perhatian para editor Jump. Segera saja manga tersebut dimuat dan kita kenal sebagai Naruto Uzumaki Series.

Kini, Kishimoto-sensei dapat berbangga diri. Keputusannya untuk tidak mengubah jalur hidupnya meskipun sedang menghadapi jalan berliku berbuah manis. Anime, manga dan serial Naruto adalah salah satu serial anime paling populer di dunia saat ini. Keuletan Kishimoto telah menjadikannya komikus Jepang yang setara dengan para idolanya.


Berikut biodata singkat Kishimoto-sensei:

Nama : Masashi Kishimoto
Tempat / Tanggal Lahir : Nagi, Okayama / 8 November 1974
Tempat Tinggal : Prefektur Okayama
Saudara : Seishi Kishimoto (36 tahun, adik kembar)
Tinggi / Berat : 170 cm / 57 kg

Karya :
Manga:

Karakuri one-shot (1996, Hop Step Award winner,dipublikasikan di Hop Step Award Selection 18 (’95~’96) (1996), Akamaru Jump Winter (1997), dan Naruto: The Official Premium Fanbook (2009))
Naruto pilot (1997, dipublikasikan di Akamaru Jump Summer (1997) dan Naruto: The Official Fanbook (2002))
Karakuri (April 1998 – May 1998, dimuat di Weekly Sh?nen Jump)
Naruto (November 1999 – ongoing, dimuat di Weekly Sh?nen Jump)
Bench one-shot (October 2010, dipublikasikan di Weekly Sh?nen Jump)

Buku:

Naruto: First Official Data Book
Naruto: The Official Fanbook
The Art of Naruto: Uzumaki
Naruto: Second Official Data Book Ofisharu D?ta Book (In Japanese)
Paint Jump: Art of Naruto
Naruto: Third Official Data Book
The Art of Naruto: Naruto
Naruto: The Official Premium Fanbook

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Followers

Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 Yoga Mahottama -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -